Rabu, Januari 28, 2009

ELECTRONIC (Health) DAMAGE

Barang Elektronik ga selamanya baik buat kesehatan

Punya barang elektronik di rumah, wajib buat kamu yang pecinta gadget. Di rumahmu pasti udah lengkap, dari TV sampe komputer. Girls n boys, tao kgk, kalo beberapa alat elektronik bisa bikin kamu kena gangguan saraf? Hii....seremm.....

Personal computer and laptop

Teknologi neh bikin kita gak kesusahan melakukan tugas, baik ntuh skul ato kuliah. Komputer juga bisa memudahkan kita mengakses internet, yang bikin kamu nggak ketinggalan informasi baru dari seluruh dunia.Kecanggihan komputer memang memudahkan, tapi klo udah kena radiasi malah menyusahkan. Yuph, komputer mempunyai gelombang radiasi microwave. tunggu, ini bukan alat pemanas makanan yua. Kalo tubuh kita terkena radiasi, efeknya bakal lari ke saraf, kaya pusing sampe mata terasa berat. Gejala ini akan ada klo kamu betah di layar komputer lama2. Biyar nggak terkena gejala itu, selalu istirahatkan matamu selama 3 jam sekali. Dan bilas wajahmu dengan air dingin biyar mata ga lelah.

Televisi

Kalo para ahli bilang, televisi ga bae wat nak kecil, ntuh bener buanet. coz bisa kena pengaruh program sinetron yang sekarang di sukai anak kecil. Bukan berarti buat kamu nggak berbahaya lho.... Televisi mempunyai gelombang elektromagnetik yang berbahaya untuk saraf. Dampaknya klo kamu terlalu lama menonton televisi, mata kita bisa sakit dan menyebabkan rabun. Ingat... jangan terlalu dekat sama layar televisi kalo lagi nonton, walaupun nggak seru kalo nonton TV nggak dekat layar. Love your eyes guys,,,

Handphone

Susah juga klo nggak ada teknologi ini. Alat neh emang nmemudahkan kita berkomunikasi dengan siapa aja dan kapan aja. but HP punya radiasi elektromagnetik yang bikin syaraf kamu terganggu. Sekarang nggak usah deh ngobrol ampe berjam-jam walaupun ada tarif murah yang selalu bikin kamu ga tahan buat menelpon. Tahu nggak,,, klo semakin lama HP menempel di telinga, lebih banyak radiasi elektromagnetik yang masuk ke otakmu. Klo radiasi masuk ke otakmu, daya pikir otakmu sedikit terhambat. Selain ntuh, hindari uga menaruh HP di tempat tidur. Soalnya radiasi yang di hasilkan juga bisa menyebabkan cepat depresi dan susah tidur. Karena ini udah di uji coba di Amerika oleh para ahli di sana. Sebaiknya waktu malam, matikan HP-mu ya ato di luar kamer aja.

Earphone

Bosan nweah di rumah atau di sekolah, nunggu guru masuk kelas. Langsung aja deh nyalakan iPod (ato MP3 player) n nikmati musik kesukaanmu. Pasti dong klo earphone udah menempel di telinga, rasanya nggak mau berhenti mendengarkan musik kesayangan.

Girls n boys, ternyata earphone yang kecil ntuh bisa berbahaya buat telinga karena hampir mendekati gendang telinga. Kalo volume musik di tambah, memang asyik buat kita tapi nggak asyik buat telinga. Kalu gendang telinga kena suara kencang dari earphone, bisa mengalami kerusakan dan menyebabkan tuli. Selain ntuh bakteri juga bisa mengumpul di telinga karena sering di tutupi earphone. Masih suka mendengarkan musik kencang-kencang? Mulai sekarang hilangkan kebiasaan itu ya.

Wi-Fi

Akses internet sekarang jadi lebih mudah karena Wi-Fi, yang ada di beberapa gadget kaya laptop ato smartphone. Tinggal cari hotspot area, langsung dweah aktifkan Wi-Fi n browsing sesuka hatimu. Menurut beberapa penelitian para ahli dari Inggris, radiasi Wi-Fi ternyata bisa menurunkan daya pikir otak. Selain itu radiasi juga bisa menyebabkan berbagai jenis kanker di dalam tubuh. Dan kalo kamu menggunakan jaringan Wi-Fi jangan terlalu lama duduk berjam-jam browsing internet.


Nah, udah tao kan dampak buruk barang-barang elektronik. Sekarang saatnya mebatasi penggunaannya, biar nggak kena penyakit akibat radiasi. Hati-hati aja deh!


sumber : Majalah Olga

by. St. Farihah U.h

Tidak ada komentar:

Posting Komentar