Sabtu, Februari 14, 2009

ARTIKEL AGAMA TENTANG BERPUASA

Berpuasa di bulan suci Ramadhan perlu beberapa persiapan, baik persiapan fisik,mental dan tak lupa niat kita tentunya.Sementara itu,SHAUM adalah benteng umat yang taqwa dari melanggar syariat Allah dan Rasul-Nya.
1. Berbukalah dengan minuman/makanan ringan yang manis-manis sebagai sumber energi, mengingat kadar gula yang turun selama puasa.
2. Tetap lakukan olah raga ringan selama puasa. Teratur berolahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar sekaligus menghilangkan stres yang merupakan salahsatu faktor pemicu timbulnya sakit maag.
3. Biasakan untuk tidak langsung tidur/berbaring segera setelah makan sahur karena makanan akan sulit turun ke organ-organ pencernaan. Kondisi ini bisa membuat asam lambung naik yang dapat menyebabkan kita terasa mual dan ingin muntah.
4. Sementara hindari dulu minuman yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung, seperti minuman ringan bersoda, susu, kopi dan makanan seperti sayur kol, sawi, nangka dan buah-buahan yang dikeringkan.
Adapun tips lahir batin berpuasa yaitu:
1. Jangan Tinggalkan Sahur
2. Jangan Tunda Berbuka
3. Makanlah Secara Bertahap
4. Jangan Tinggalkan Olahraga
5. Konsumsi Cukup Air
6. Kendalikan Emosi
7. Tidurlah setelah shalat tarawih.
8. Biasakan mengerjakan shalat sunah,contohnya duha.
9. Saat berbuka puasa,sebaiknya mulailah dengan menikmati minuman hangat dan makanan ringan seperti kolak dan setup.
Menurut Rasulullah.saw,berpuasa itu harus benar-benar di hayati dan tidak hanya mengerjakannya saja.Karena puasa Ramadhan itu merupakan kewajiban bagi setiap umat islam,barang siapa yang meninggalkannya maka akan mendapat dosa.Tapi,barang siapa yang melaksanakannya maka akan mendapatkan pahala.



Bersumber dari:(http:cafepojok.com,majalah health today,& majalah Manajemen Qolbu)
Oleh:Rimalati.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar