Minggu, Februari 15, 2009

PLANET MARS (SEBUAH MISTERI YANG BELUM TERUNGKAP)


Gambar Permukaan Mars

Mars adalah Planet yang lagi banyak di teliti oleh para astronomi, terutama NASA yang telah meluncurkan dua wahana robotik kembarnya yang bernama Spirit dan Opportunity ke Planet Merah tersebut untuk meneliti apakah di sana terdapat sebuah kehidupan?
Banyak misteri di Planet Mars yang menjadi pergunjingan orang-orang di seluruh dunia. Mulai dari foto wahana roboti yng dikirim NASA ke Planet Mars yang gambarnya menyerupai wajah manusia, Mars dahulunya dialiri air dalam bentuk cair, Mahkluk Planet Mars, serta rumor Mars yang dapat kita lihat dari bumi dengan mata telanjang seukuran Bulan pada tengah malam.
Sekarang kita akan membahasnya satu persatu dari sumber-sumber yang insyaallah dapat dipercaya. Kita mulai dari Planet Mars yang dahulunya dialiri air dalam bentuk cair, lalu ke misteri yang lainnya.
Dari hasil Foto Spirit dan Opportunity yang menyatakan bahwa dahulu batu-batu di Mars terendam air yang dikatakan oleh Steve Squyres pimpinan tim peneliti di Washington yang juga mengatakan bahwa beberapa bagian Planet pernah dibasahi air sehingga memungkinkan munculnya kehidupan disana. Tapi hal itu tidak berarti bahwa NASA menemukan bukti adanya kehidupan di Mars, namun ini menunjukkan secara teoritis kehidupan bisa berevolusi disana seperti halnya di bumi. Spirit dan Opportunity didaratkan di bagian Mars yang berbeda.Spirit didaratkan di Gusev Crater, kawah luas yang diduga bekas danau purba. Sedang kembarannya didaratkan di Meridiani Planum dataran yang mengandung mineral helamit kelabu dalam jumlah banyak. Di bumi mineral ini pembentukkannya terkait dengan keberadaan air.
Penemun mengdung arti penting, terkait dengan misi NASA mengirimkan misi berawak ke Mars. Senya bukti-bukti keberadaan air beku telah telihat di beberapa tempat di Mars. Sejak mendarat di Planet Merah Opportunity telah melakukan serangkaian penelitian terhadap batu dan tanah di Mars. Dia mampu melihat komposisi batuan, kenampakkan fisiknya, dan menelitinya secara mikroskopis. Dia telah menggali disana dan menemukan batuan berbentuk bundar kelereng yang iduga terbentuk karena pengikisan oleh air, tanah yang digalinya pun menggumpal artinya ada bahan yang merekatkannya. Penelitian menunjukkan bahwa bahan yang mereketkannya berupa air garam. Penelitian menggunakan spektrometer sinar-X patikel alpha yang dilakukan pada hamparan batu berwarna terang-salah satunya disebut El-Capitan juga menemukan adanya sulfur pada batuan.
Dan diteliti lagi dengan spektrometer Moessbauer, dan menemukan mineral sulfat besi (Jorisite). Menurut penelitian dahulunya El-Capitan adalah berada di sebuah danau atau bahkan mata air. Bentuk dan alur-alur bebatuan di Meriadiani Planum mendukung diduganya keberadaan air, yang kebanyakkan permukaan batu memiliki jalur yang diyakini akibat erosi air.
Meskipun sekarang Mars kering dan dingin, para ilmuwan mengatakan bahwa air disana berangsur-angsur menguap, sehingga yang tertinggal hanya lapisan garam. Sebagian air beku terdapat di kutub Mars dan diperkirakan juga terdapat di bawah permukaan Planet Mars.
Apakah ada orang yang hidup di Mars? Perdebatan tersebut menghangat kembali setelah adanya foto sosok alien di pemukaan Mars beredar di internet.

Foto yang dikeluarkan NASA yang direkam oleh Spirit tak berapa lama setelah mendarat di Mars. Banyak tanggapan dan memunculkan berbagai spekulasi mengenai hal tersebut. Ada yang mengatakan bahwa gambar tersebut mirip Bigfoot, Bunda Maria, Kuracaci bahkan Putri Duyung "Little Mermaid". Lepas dari tanggapan tersebut NASA mungkin tidak menganggap ada sesuatu yang aneh dalam foto ini, karena manusia tidak mungkin hidup di Mars dalam kondisi saat ini, kecuali organisme renik yang tahan terhadap lingkungan ekstrim. Meskipun demikian, bukti-bukti kehidupan di Mars masih terus dicari.



And The Last. Pada tanggal 27 Agustus 2007, ada rumor yang beredar di internet dan sms yang mengatakan bahwa pada tanggal tersebut kita mempunyai dua buah bulan yaitu satelit bumi (Bulan) dan Mars yang katanya hanya bisa dinikmati 2280 tahun sekali dan bisa dilihat dengan mata telanjang dan puncaknya kita akan melihat bulan purnama pada pukul 00.30 dengan jarak antara Bumi dan Mars hanya sekitar 34.65M miles. Mars akan terlihat sebesar bulan. Tapi kenyataannya Mars tidak akan pernah terlihat sebesar bulan dan tak akan ada dua buah Bulan di Bumi. Itu karena posisi Mars pada malam itu masih berada di horison dan belum di amati. Nah, fenomena tersebut dalam hoax mengacu oposisi Mars tahun 2003.
Tahun 2003, tepatnya tanggal 27 Agustus, Mars berada pada jarak terdekatnya yakni 55.758.006 km, dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus. Saat itu Mars memang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi dan diameter sudut Mars saat itu hanya 25 detik busur. Bandingkan dengan Bulan yang diameter sudutnya 31 menit busur ( 1 detik busur = 60 detik busur). Jarak Bumi - Bulan 384 403 km. Pada kondisi jarak terdekatnya saja, Mars berada 144 kali lebih jauh dari Bulan dan tidak akan pernah terlihat sebesar Bulan, apalagi jika ia makin menjauh dari Bumi.
Pada tahun 2005, Mars kembali mendekat dengan bumi pada jarak 69 juta km pada tanggal 30 Oktober dengan diameter sudut sebesar 20 detik busur dan mengalami oposisi tanggal 7 November 2005.
Nah di tahun 2007, oposisi Mars akan kembali terjadi tanggal 18 Desember pada jarak sekitar 88,42 juta km dengan diameter 16 detik busur. Jarak Mars saat oposisi tahun 2007 masih lebih jauh dibanding tahun 2003 dan diameter sudutnya juga lebih kecil. Dengan demikian Mars jika dilihat dengan mata telanjang maupun teleskop tidak akan pernah terlihat sebagai obyek yang besar seperti Bulan melainkan hanyalah noktah merah indah yang akan menghiasi langit Agustus setelah lewat tengah malam.
Moment menjelang oposisi juga dipakai NASA untuk meluncurkan the Pheonix Mars Lander di bulan Agustus ini, agar jarak yang ditempuh sang penjejak ke Mars akan lebih pendek.
Di bulan Agustus 2007, ada beberapa event penting yang juga tak kalah menarik. Malam ini, 12 Agustus 2007 merupakan puncak hujan meteor Perseid dan tanggal 28 Agustus mendatang akan ada Gerhana Bulan Total.
Sekian dulu dari aku, kalau ingin lebih lengkap datang ke warnet atau perpustakaan atau toko buku terdekat. Mudah-mudahan bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

Bersumber dari:
1.http://emilynevercomes.wordpress.com/2008/04/17/nasa-ada-air-di-planet-mars/
2.http://yasirmaster.blogspot.com/2008/11/sosok-terekam-di-planet-mars.html
3.http://majalahdewadewi.wordpress.com/2007/10/01/wajah-di-planet-mars/
4.http://langitselatan.com/2007/08/11/mars-hoax/

Oleh : Nuril Adila

1 komentar: