Kamis, Februari 19, 2009

Sejarah Sepak Bola di Dunia

Sejarah sepak Bola di Dunia

Sepak bola merupakan olahraga yang di kenal sejak ribuah tahun yang lalu. Bukti ilmiah yang bisa di dapat adalah adanya permainan semacam sepak bola di negeri Cina. Kala itu, dinasti Han melatih tentara menggunakan "tsuchu" untuk latihan fisiknya : yaitu latihan menendang bola kulit memasukan ke dalam jaring kecil yang di ikatkan pada batang-batang bambu panjang. Pemain membidikan bola ke dalam jaring kecil menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu sambil berusaha menahan serangan dari lawan.
Bangsa Rumawi yg membawa permainan tsb ke England mereka menamakannya "Harpascum", walaupun demikian 3000 th yg lampau orang China pun telah mengenal permainan yg disebut "Tsu Chu" (Tsu - menendang & Chu adalah bola) dalam waktu yang hampir bersamaan di Jepang juga ada permainan yg sama yg disebut "Kemari".
Ada dugaan bahwa orang-orang Romawi membawa permainan itu ke Inggris. Tapi masih disangsikan apakah Harpastum merupakan pendahulu sepak bola yang sekarang dikenal ini, sebab penduduk Celtic di Cronwall sudah mengenal permainan yang serupa yang disebut "hurling". Waktu itu jelas belum ada peraturan yang baku. Orang boleh main tanpa jumlah yang pasti dan tidak saja kaki tetapi tanganpun boleh
main. Boleh menendang tulang kering serta membawa lari bola.
Pada th 1848 beberapa mahasiswa dari Universitas Cambridge pertama kalinya membuat peraturan dari permainan sepak bola tsb. Dan pada th 1863 Footbaal Association (FA) di England didirikan dan pada th 1871 pertandingan sepakbola pertama yang diberi hadiah piala (beker). Di tahun 1885 mulai adanya pemain profi atau pemain bayaran, sedang persatuan sepak bola dunia Federation Internalionale de Footbal (FIFA) baru dibentuk pada th 1904.
Setelah Football Association, segera menyulus di Nederland, the Scottisch FA (1873), The TA of Wales (1875), dan The Irish FA di Belfast, Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Chili (1895), Swiss dan Belgia (1895) Italia (1898), Jerman dan Uruguay (1900), Hongaria (1901), dan Finlandia pada tahun 1907.
Pada tahun 1907, berdirilah Federasi sepakbola dunia (FIFA) di Paris. Pelopornya adalah Perancis, Denmark, Nederland, Spanyol, Swedia dan Swiss. Dari tujuh anggota berkembang menjadi 36 pada tahun 1925 dan setelah diselingi Perang Dunia II, perebutan Piala Dunia II sudah diikuti oleh 73 anggota. Dan pada saat ini FIFA mempunyai anggota sebanyak 146.300.000 klub. Diantara sekian banyak klub, 200.000 di antaranya berada di Eropa dengan sekitar 680.000 tim dan 22 juta pemain yang aktif.
Begitulah sejarah singkat persepak bolaan pertama kali di dunia.Dan sampai sekarang sepak bola digemari oleh seluruh orang di berbagai Negara.
Dikutip dari:
- HTTP://WWW.MANGUCUP.ORG/MODULES.PHS?OP=MODLOAD&NAME=NEWS&FILE=ARTICLE&SID=643
- HTTP://new.psiaitb.com/index.php?option=com_ content&view=article& id=45:sejarah-sepak&catid=28:sepakbola&itemid=62
- HTTP://www:bayumukti.com/sepak-bola5/.
Karya:
Reza Auliana Iqbal { Ix }Bhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar